MERANCANG NASKAH DAN STORYBOARD

Apa itu story board ?

Storyboard adalah visualisasi ide dari aplikasi yang akan dibangun, sehingga dapat memberikan gambaran dari aplikasi yang akan dihasilkan. Storyboard dapat dikatakan juga visual script yang akan dijadikan outline dari sebuah proyek, ditampilkan shot by shot yang biasa disebut dengan istilah scene. Storyboard sekarang lebih banyak digunakan untuk membuat kerangka pembuatan website dan proyek media interaktif lainnya seperti iklan, film pendek, games, media pembelajaran interaktif ketika dalam tahap perancangan /desain.

Apakah story board itu penting dalam proses pembuatan film atau karya animasi?

Penting. Karena banyak keuntungan yang dapat diperoleh dengan menggunakan storyboard. Salah satu keuntungan menggunakan Storyboard adalah dapat membuat pengguna untuk mengalami perubahan dalam alur cerita untuk memicu reaksi atau ketertarikan yang lebih dalam. Kilas balik, secara cepat menjadi hasil dari pengaturan Storyboard secara kronologis untuk membangun rasa penasaran dan ketertarikan. 

     

    Beberapa alasan mengapa menggunakan Storyboard:

1. Storyboard harus dibuat sebelum tim membuat animasi.

2. Storyboard digunakan untuk mengingatkan animator.

3. Storyboard dibuat untuk memudahkan membaca cerita.

BERIKUT TIPE TIPE BIDIKAN KAMERA DALAM STORYBOARD PEMBUATAN FILM

1. Extrem close up (ECU) 

Teknik pengambilan gambar yang menunjukkan kedekatan dari suatu obyek, sehingga keberadaan obyek terlehat jelas karakternya. Teknik ini akan mevisualisasikan sebagian dari keseluruhan obyek yangdibidik, misalnya matanya, kupingnya ataupun mulutnya saja juga bisa diterapkan terhadap benda lain yang tidak bernyawa seperti pisau, pistol batu dan lain sebagainya.

2. Big Close Up (BCU) 

 Teknik pengambilan gambar yang menunjukkan kedekatan dari suatu obyek, sehingga keberadaan obyek terlehat jelas karakternya. Teknik ini akan mevisualisasikan sebagian dari keseluruhan obyek yang dibidik, misalnya dari ujung kepala sampai dagu seseorang.

Fungsi dari teknik ini adalah ingin menyampaikan karakter detil dari sebuah obyek, sehingga kerakterannya terutama pada obyek manusia dapat dilihat secara nyata dan jelas oleh pemirsa. Contoh ini dapat dilihat pada bentuk frame yang menceritakan ekspresi wajah seseorang lagi menangis, takut, terharu, tertwa serta yang laiannya

3. Close Up (CU)

Teknik pengambilan gambar yang menunjukkan kedekatan dari suatu obyek, sehingga keberadaan obyek terlihat jelas karakternya. Teknik ini akan mevisualisasikan sebagian dari keseluruhan obyek yang dibidik, misalnya dari ujung kepala sampai dada seseorang. Fungsinya hampir sama dengan bic close up yaitu menyampaikan karakter detil dari sebuah obyek, sehingga kerakterannya terutama pada obyek manusia dapat dilihat secara nyata dan jelas oleh pemirsa. Contoh ini dapat dilihat pada bentuk frame yang menceritakan ekspresi wajah seseorang lagi menangis, takut, terharu, tertwa serta yang laiannya

4. Medium Close Up (MCU)

merupakan bidikan kamera yg cukup dekat subjek, tetapi jg mencakup objek lain didekatnya. Teknik ini akan mevisualisasikan sebagian dari keseluruhan obyek yang dibidik, misalnya dari ujung kepala sampai ulu hati seseorang.

5. Medium Shot (MS) 

Teknik pengambilan gambar yang menunjukkan kenormalan dari suatu obyek, sehingga keberadaan obyek terlihat jelas apa yang sedang dilakukannya. Teknik ini akan mevisualisasikan setengah dari keseluruhan bidikan obyek manusia misalnya dari ujung kepala hingga pinggang obyek atau seseorang. Fungsi dari teknik ini ingin menyampaikan keadaan obyek beraktifitas, dimana pada keseluruhan obyek dalam pengadegannya mencerminkan kehidupan normal seperti layaknya kehidupan sehari-hari yang dilakukan oleh manusia. Contoh ini dapat dilihat pada bentuk frame yang menceritakan keadaan seseorang atau komunitas melakukan sesuatu diantaranya makan, mengadakan rapat, melakukan pembicaraan dan sebagainya.

6. Long Shot (LS) 

Teknik pengambilan gambar yang menunjukkan kesan luas pandang dan mengecilnya obyek dari pandangan, sehingga keberadaan obyek terlihat jauh dari pandangan mata. Teknik ini akan mevisualisasikan keseluruhan bidikan pada obyek manusia atau binatang maupun kendaraan, dengan efek membuat ukuran obyek jadi mengecil dengan suasana lingkungannya lebih luas.

Fungsi dari teknik ini ingin menyampaikan keadaan obyek yang  beraktifitas dengan keluasan suasna lingkungan dimana obyek berada. Penggunaan teknik ini sangat cocok buat obyeknya berjumlah banyak dan bergerombol.   Contoh ini dapat dilihat pada bentuk frame yang menceritakan keadaan segerombolan dari divisi tentara yang melakukan perasi terhadap persembunyian musuh dengan berjalan menelusuri keadaan suatu tempat dimana musuhnya bersembunyi.

 

7. Full Shot (FS) 

Teknik pengambilan gambar yang menunjukkan kenormalan dari suatu obyek, sehingga keberadaan obyek terlihat jelas apa yang sedang dilakukannya. Teknik ini akan mevisualisasikan keseluruhan bidikan pada obyek manusia atau binatang maupun kendaraan, misalnya dari ujung kepala hingga ujung kaki obyek atau seseorang. Keadaan ini membuat ukuran obyek mengecil dengan suasana yang lebihluas.

 

8. Knee Shot (KS)

 Teknik pengambilan gambar yang menunjukkan kenormalan dari suatu obyek, sehingga keberadaan obyek terlihat jelas apa yang sedang dilakukannya. Teknik ini akan mevisualisasikan tiga perempat (3/4) dari keseluruhan bidikan obyek manusia misalnya dari ujung kepala sampai lutut obyek atau seseorang. 

9. Extreme Long Shot (ELS)

Teknik pengambilan gambar yang menunjukkan kesan luas pandang dan mengecilnya obyek dari pandangan, sehingga keberadaan obyek terlihat jauh dari pandangan mata. Teknik ini akan mevisualisasikan keseluruhan bidikan pada obyek manusia atau binatang maupun kendaraan, dengan efek membuat ukuran obyek jadi sangat kecil dengan suasana lingkungannya lebih luas.

10. Point Of View (POV) 

Merupakan bidikan kamera dari titik pandang yang dilihat seseorang saat berada dalam gambar (video) atau bidikan kamera dari titik pandang subjek dan melihat sesuatu dari cara subjek melihatnya.

TUGAS NYA BUAT LAH FOTO DENGAN MACAM MACAM BIDIKAN KAMERA YANG SUDAH DIJELASKAN DIATAS DENGAN KAMERA SEADANYA! LALU TARUH DI MS.WORD BERI KETERANGAN FOTO TERSEBUT MENGGUNAKAN BIDIKAN KAMERA APA LALU DIKUMPULKAN! TUGAS DIBUAT SECARA BERKELOMPOK DIKUMPULKAN MINGGU DEPAN!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CAMERA MOVEMENT